Sabtu, 25 Mei 2013

Menuju Jepara Baru

Jepara Baru merupakan suatu gagasan sekelompok masyarakat yang bertujuan untuk mangajak semua elemen masyarakat terutama semua steak holder Pemerintah Kabupaten Jepara untuk bersatu dan secara bersama-sama menyamakan persepsi dengan mengubah mindset masyarakat Jepara kearah yang lebih positf dan lebih fresh dalam menyikapi semua persoalan yang ada di Jepara selama ini dengan membiasakan diri untuk berfikir kritis, edukatif, kreatif dan enovatif yang disatukan dalam kominitas baru dengan nama KMJB (Kominitas Menuju Jepara Baru) dengan harapan nantinya agar diperoleh berbagai masukan dari masyarakat untuk difilter dan diaplikasikan dalam kehidupan nyata Pemerintahan Jepara kedepan

Konsep Jepara Baru memuat berbagai pandangan dan alternatif solusi yang ditawarkan kepada pemerintah dan masyarakat Jepara yang bersifat idealis dan teoritis , sedangkan dalam dalam menindaklanjuti dan mengimplementasikan dalam kehidupan nyata dibuatkan sebuah wadah baru yaitu KMJB ( Komunitas Menuju Jebara Baru ), salah satu fungsinya adalah sebagai tempat untuk berkumpul, berdiskusi menyamakan persepsi, tempat menerima keluhan dan aspirasi masyarakat yang selama ini belum/tidak bisa disampaikan menlalui jalur formal pemerintah kemudian difilter dan diformulasikan dalam sebuah gagasan baru yaitu Jepara Baru.


Visi dan misi KMJB adalah jelas dan tegas yaitu : Bersatu, mewujudkan Jepara Jaya, adil, aman, nyaman, makmur dan sejahtera dalam bingkai NKRI, gemah ripah loh jinawe. Pemerintah Jepara selaku pemegang kebijakan dan sekaligus sebagai ”operator demokrasi”, hendaknya cepat tanggap dan secepatnya dapat merespon dan mengapresiasi Konsep Jepara Baru tersebut untuk dikaji lebih mendalam dari segi positif-negatifnya agar tidak menjadi “bola liar” yang melewati batas sejarah yang berkepanjangan.



KMJB bersifat independen dan terbuka kepada siapa saja yang mempunyai rasa kepedulian dalam membangun Jepara dapat mengekspresikan ke dalam komunitas ini, KMJB juga terbuka kepada teman-teman lintas agama dan suku, petani, pedagang, kalangan pendidikan, tokoh agama, tokoh masyarakat maupun ormas dan parpol dan sebagainya. 


(Dokumen KMJB bersama Bupati Jepara H. Ahmad Marzuki,13 Mei 2013 dan Wakil Bupati Jepara Bpk.H. Subroto , 24 April 2013)


0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More